LOGO HARI JADI KOTA SOLO KE-278 TAHUN 2023

 
Hari Jadi Kota Solo Ke-278 Tahun 2023 akan jatuh pada tanggal 17 Februari 2023 mendatang. Penetapan hari jadi Kota Solo ini, seperti dikutip dari laman surakarta.go.id, tak luput dari peristiwa bersejarah di masa lalu. Pada tanggal yang sama di tahun 1745, terjadi perpindahan lokasi Keraton Kartasura akibat pemberontakan yang terjadi di Kesultanan Mataram. Raja Kesultanan Mataram, Sunan Pakubuwono II, memindahkan keraton yang semula di Kartasura ke Desa Sala (yang kini menjadi Kota Solo). Dari nama desa itu pula, sebutan Solo berasal. 

Selain menjadi lokasi keraton baru yang kemudian bernama Keraton Surakarta Hadiningrat, Desa Sala dipilih karena lokasinya yang strategis dan indah. Desa ini terletak di tepian Sungai Bengawan Solo. Keraton pun mulai ditempati keluarga kerajaan pada 17 Februari 1745 dengan menggelar kirab besar-besaran sebagai simbol kemakmuran akan harapan pada lokasi Keraton Kartasura yang baru. Dari hari terjadinya peristiwa boyongan itulah hari jadi Kota Surakarta berasal dan kemudian selalu diperingati setiap tanggal 17 Februari. 

Sejarah Kota Solo, sebagaimana dikutip dari laman kontan.co.id, berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa nama Solo ada karena Kota Surakarta didirikan di sebuah desa bernama Desa Sala, di tepi Sungai Solo. Dikutip dari laman resmi Pemerintah Surakarta, sampai tahun 1744, Solo dikenal sebagai desa terpencil dan tenang, berjarak 10 km ke timur dari Kartusura, pusat Kerajaan Mataram pada waktu itu. Tetapi pada masa kepemimpinan Susuhan Mataram Pakubuwono II, Keraton Mataram di Kartasura luluh lantak pasca pemberontakan RM Garendi. Setelah pemberontakan dipadamkan, raja memutuskan memindahkan keraton untuk membangun kembali kerajaannya. 

Kemudian, Pakubawana II mengutus satu tim untuk mencari lokasi yang cocok. Pemindahan pusat kekuasaan dari Kartasura ke Solo yang kemudian bernama Surakarta pada 17 Februari 1745, dijadikan tonggak peringatan hari jadi Kota Surakarta. Raja Paku Buwono II bersama para tokoh seperti Ki Gede Sala, Pangeran Mijil, Tumenggung Honggowongso hingga Kapten Baron Van Hohendorf tak tinggal diam. Akhirnya mereka bersama rakyat melakukan boyongan (memindahkan) keraton ke Desa Sala sebagai tempat pemerintahan yang baru. Rakyat bergotong royong tanpa memandang golongan mendirikan Keraton Surakarta. Keraton baru tersebut diberi nama Keraton Surakarta Hadiningrat.

Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Solo ke-278 tahun 2023, sebagaimana dikutip dari laman surakarta.go.id, Pemkot Solo mengadakan Lomba Desain Logo yang merupakan agenda rutin tiap tahunnya yang diadakan Kota Solo, untuk merayakan Hari Jadi. Kompetisi ini, nantinya akan dipilih satu pemenang dengan hasil karya terbaiknya. Lalu, 3 (tiga) finalis yang beruntung juga akan diberikan apresiasi dari panitia lomba. Untuk mengikuti Lomba Desain Logo Hari Jadi Kota Solo ke-278 kali ini, semua peserta tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Peserta yang nantinya terpilih menjadi Pemenang (Juara I) wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan dengan tanda tangan basah di atas materai yang dikirimkan ke panitia lomba. Total hadiah yang bisa diperoleh pemenang lomba adalah Rp16.000.000,00 (enam belas juta rupiah). Dimana pemenang utama mendapatkan uang tunai sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) dan piagam penghargaan. Kemudian, sebanyak 3 (tiga) karya finalis terpilih akan mendapatkan uang tunai masing-masing sebesar Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah) dan piagam penghargaan. Kompetisi ini dibuka mulai Senin, 28 November 2022 dan ditutup pada Minggu, 11 Desember 2022, pukul 23.59 WIB.

LOGO HARI JADI KOTA SOLO KE-278

Logo hari jadi Kota Solo Ke-278, sebagaimana dikutip dari laman solopos.com, merupakan logo karya Achyal Munif, warga Desa Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung, Kendal, Jateng. Logo ini memiliki desain yang unik, dimana angka 78 dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk kupu-kupu. Karya Achyal yang beralamat KTP Kendal namun berdomisili di Desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mampu menyingkirkan 804 karya peserta lain dari berbagai daerah.

Berdasarkan informasi latar belakang dan makna logo yang diunggah akun media sosial Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jumat (16/12/2022), secara keseluruhan logo terdiri dari angka 278 yang membentuk visualisasi kupu-kupu. Desain dibuat futuristik sekaligus membudaya. Selanjutnya dijelaskan, kupu-kupu dalam masyarakat Jawa digambarkan sebagai binatang pembawa kabar baik. Dengan logo 278 berbentuk kupu-kupu pada perayaan Hari Jadi ke-278 itu diharapkan ke depannya Kota Solo akan menjadi lebih baik, lebih maju, makmur dan bahagia.

Kupu-kupu menjadi simbol kesempurnaan dan liku-liku metamorfosis yang berubah-ubah dari bentuk yang menjijikkan hingga menjadi bentuk yang indah dan sempurna. Hal itu berkaitan erat dengan perjalanan spiritual manusia. Kota Solo pun begitu dengan usia ke-278 pada tahun depan tentunya mengalami banyak perubahan dari masa ke masa hingga sampai saat ini menjadi kota yang indah dan maju, makmur dan sejahtera warganya. Dua sungut sebagai minimalisasi corak batik dan bentuk visualisasi budaya Solo. Sedangkan warna merah pada logo Hari Jadi ke-278 Kota Solo itu menjadi simbol semangat, kerja keras, dan optimisme. Selain itu juga merupakan warna kebesaran Canthik Rajamala sebagai tokoh legenda sekaligus maskot Kota Solo.

DOWNLOAD LOGO HARI JADI KOTA SOLO KE-278 TAHUN 2023

Bagi anda yang ingin mendownload Logo Hari Jadi Kota Solo Ke-278 Tahun 2023 dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-hut-278-kota-solo-tahun-2023-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO HARI JADI KOTA SOLO KE-278 TAHUN 2023   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO HARI JADI KOTA SOLO KE-278 TAHUN 2023"

Posting Komentar