LOGO PERSATUAN PEDALANGAN INDONESIA (PEPADI)

 
Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI), sebagaimana dikutip dari laman resminya pepadi.id, PEPADI adalah organisasi profesi yang independen, beranggotakan para dalang, pengrawit, swarawati, pembuat wayang dan perorangan yang memenuhi persyaratan tertentu. Disebut organisasi profesi karena PEPADI mewadahi kegiatan seni pedalangan yang merupakan keahlian berkesenian khusus, sebagai sarana pengabdian dan peningkatan kualitas hidup para penggiat dunia pewayangan yang meliputi Dalang, Pesinden, Pengrawit dan Pembuat Wayang.

Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI), didirikan pada tanggal 14 April 1971 dengan visi dan misi pelestarian dan pengembangan seni pedalangan. Saat ini beranggotakan tidak kurang dari 10 ribu seniman pedalangan yang tersebar di berbagai daerah Indonesia terdiri dari Dalang, Pesinden, Pengrawit dan Pembuat Wayang. Selain PEPADI, di indonesia terdapat organisasi-organisasi pewayangan dan atau pedalangan yang lain, diantaranya Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENA WANGI), Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Pusat, ASEAN Puppetry Association (APA) Indonesia, Union Internationale de la Marionnette (UNIMA) Indonesia, Persatuan Wayang Orang Indonesia (PEWANGI) dan Paguyuban Masyarakat Pecinta Wayang Indonesia (ASIA WANGI).

Pada Februaru 2022, dunia pewayangan sempat digegerkan dengan pernyataan salah seorang penceramah, yaitu Ustadz Khalid Basalamah, dimana dalam salah satu ceramahnya ia menyatakan bahwa Wayang haram dan harus dimusnahkan dari Indonesia. Pernyataan ini kemudian viral dan menimbulkan kontroversi di masyarakat, hal ini kemudian ditanggapi oleh PEPADI dan beberapa organisasi pewayangan di Indonesia dengan melaporkan Ustadz Khalid Basalamah ke Bareskrim Mabes Polri, serta meminta Ustadz tersebut untuk membuat pernyataan Permintaan maaf kepada para Dalang di seluruh Indonesia.

Terkait isu tersebut, sebagaimana dikutip dari senawangi.org, organisasi-organisasi pewayangan dan atau pedalangan di Indonesia antara yang lain, yaitu Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENA WANGI), Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Pusat, ASEAN Puppetry Association (APA) Indonesia, Union Internationale de la Marionnette (UNIMA) Indonesia, Persatuan Wayang Orang Indonesia (PEWANGI) dan Paguyuban Masyarakat Pecinta Wayang Indonesia (ASIA WANGI) menyatakan sikap bahwa pernyataan Ustadz Khalid Basalamah tersebut, adalah:

  1. Tidak sesuai dengan UUD 1945 Pasal 32 bahwa “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”.
  2. Tidak sesuai dengan Undang-undang Pemajuan Kebudayaan No. 5 Tahun 2017. Wayang adalah bagian dari seni yang termasuk dari sepuluh Obyek Pemajuan Kebudayaan yang harus dilindungi, dikembangkan dan dimanfaatkan.
  3. Tidak sesuai dengan Penetapan Wayang Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity – Karya Agung Warisan Budaya
  4. Tak Benda Kemanusiaan. Artinya Wayang Indonesia sejak tahun 2003 secara resmi telah menjadi milik dunia.
  5. Tidak sesuai dengan Keputusan Presiden No. 30 Tahun 2018 yang menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Bahwa wayang Indonesia telah tumbuh dan berkembang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa Indonesia
  6. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Perbedaan pandangan adalah hal yang biasa oleh karena itu penghormatan terhadap perbedaan-perbedaan adalah syarat mutlak demi terawatnya persatuan dan kesatuan.
  7. Sangat menyinggung para seniman yang terkait dengan pewayangan dan atau pedalangan antara lain para dalang, pengrawit, pesinden, pengrajin wayang dan para pencinta wayang di seluruh dunia.
  8. Menghimbau kepada segenap elemen masyarakat untuk saling menjaga dan menghormati eksistensi budaya yang sudah ada di nusantara di masa lalu hingga saat ini.
  9. Menghimbau kepada segenap tokoh masyarakat untuk berhati-hati dalam setiap membuat statement agar tidak menimbulkan kegaduhan dan kontroversi yang tidak perlu di tengah-tengah masyarakat.
  10. SENA WANGI dan organisasi-organisasi pewayangan di Indonesia membuka ruang dialog kepada pihak-pihak yang ingin mengenal lebih jauh wayang sebagai salah satu warisan seni budaya bangsa.

DOWNLOAD LOGO PEPADI

Bagi anda yang ingin mendownload Logo Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-pepadi-persatuan-pedalangan-indonesia-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO PEPADI   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO PERSATUAN PEDALANGAN INDONESIA (PEPADI)"

Posting Komentar