LOGO DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK)

 
Data Pokok Pendidikan (Dapodik), sebagaimana dikutip dari laman wartaguru.id, adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Pada dunia pendidikan, terdapat elemen atau unsur penyelenggara dan pelaksana. Salah satunya adalah seorang guru. Guru berperan sebagai seorang pendidik, atau yang sering kita sebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Jenis dapodik sendiri terbagi 3 (tiga), yaitu dapodikdasmen, dapodikmen, serta dapodik paud & dikmas. Dapodikdasmen merupakan sistem dapodik jenjang pendidikan dasar dan menengah. Artinya dapodikdasmen adalah dapodik untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Jadi jenjang pendidikan SD, MI, SDLB (SD Luar Biasa), SMP, MTs, SMPLB (SMP Luar Biasa), dan SLB (Sekolah Luar Biasa) data sekolahnya akan diikutsertakan dalam dapodikdasmen tersebut. Karena sekolah menengah akhir seperti SMA, SMK, dan MA berada di bawah naungan Dirjen Pendidikan Menengah, sehingga memiliki data pokok pendidik khusus yaitu Dapodikmen (Dapodik Menengah). 

Untuk jenis dapodik paud & dikmas, sesuai namanya merupakan dapodik bagi pendidikan anak usia dini (paud) serta pendidikan masyarakat (dikmas) baik informal maupun non formal. Kategori dikmas informal pada ketentuan dapodik termasuk jenjang pendidikan sejenis Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), kursus, atau lainnya. Sedangkan kategori dikmas non formal adalah Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKMB) serta Homeschooling. Perlu diketahui juga bahwasannya data pokok pendidikan menjadi salah satu syarat utama mengikuti pendaftaran seleksi PPPK, yang kita ketahui sendiri untuk pembukaan seleksi CASN, pemerintah hanya membuka seleksi melalui jalur kedinasan.

Guru yang berkeinginan dan berniatan untuk mengikuti seleksi PPPK wajib terdaftar pada data pokok pendidikan, selain itu kriteria guru untuk mengikuti seleksi PPPK yakni sebagai Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud. Selain berguna dalam seleksi CASN, Dapodik juga bisa dipakai pemerintah untuk mengalokasikan dana BOS bagi tiap sekolah sesuai dengan jumlah siswanya. Program Bos adalah salah satu program pendidikan yang telah dijalankan sejak lama dan bermanfaat untuk membantu para siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. 

Dapodik juga digunakan sebagai alat monitoring kinerja sekolah. Setiap sekolah yang telah mengalami perubahan kelembagaan, maka perlu perubahnya di sistem Data Pokok Pendidikan. Dengan adanya Data Pokok Pendidikan, maka pemerintah akan mengetahui mengenai pengajuan dan perbaikan data kelembagaan suatu sekolah. Data Pokok Pendidikan juga berfungsi untuk melakukan pengajuan dan verval data, nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan atau NUPTK. Setiap guru pasti memiliki nomor unik tersendiri dan tidak mungkin sama dengan yang lainnya.

Data Pokok Pendidikan akan berguna juga untuk pengajuan dan verval data peserta didik atau siswa dan nomor induk siswa nasional atau NISN. Tak hanya itu, Data Pokok Pendidikan juga bisa berguna untuk pengajuan dan verval data satuan pendidikan dan nomor pokok sekolah nasional atau NPSN. Hadirnya Data Pokok Pendidikan juga bisa membantu proses pemetaan dan pemerataan guru di seluruh Indonesia. Adanya Data Pokok Pendidikan juga bisa membantu pemerintah dalam hal monitoring dan evaluasi berbagai kebijakan yang dijalankan.

DOWNLOAD LOGO DAPODIK
Bagi anda yang ingin mendownload Logo Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-dapodik-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO DAPODIK   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK)"

Posting Komentar