DOWNLOAD LOGO BMKG (BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA)

download-logo-bmkg-klimatologi-vector-cdr-coreldraw-logoawal
 BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) merupakan sebuah lembaga negara non kementerian yang didirikan untuk menangani masalah yang berkaitan dengan pengamatan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. BMKG sebelumnya bernama Badan Meteorolodi dan Geofisika (BMG). Pengamatan terkait dengan masalah meteorologi dan geofisika sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1841, kala itu pengamatan masih dilakukan oleh perorangan, salah satu tokoh utama pada saat itu adalah Dr. Onnen, beliau merupakan seorang kepala rumah sakit di Bogor. 
 
Hasil pengamatan yang dilakukan Dr. Onnen berupa data tentang cuaca dan data tentang aktifitas geofisika, dari tahun ke tahun data-data ini mulai dirasa penting, sehingga kegiatan beliau terus didukung dan dikembangkan. Kemudian pada tahun 1866, pemerintah Hindia Belanda meresmikan kegiatan perorangan Dr. Onnen dan mendirikan sebuah instansi bernama Magnetisch en Meteorologisch Observatorium (Observatorium Magnetik dan Meteorologi) sebagai sarana untuk menunjang pengembangan pengamatan yang telah dirintis sebelumnya. Observatorium ini dipimpin oleh Dr. Bergsma.
 
Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, sekitar tahun 1942 hingga 1945, nama instansi meteorologi dan geofisika tersebut diganti menjadi Kishoukouzoukusho (Lembaga Meteorologi). Dan pada masah setelah dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia, Instansi meteorologi dan geofisika dipecah menjadi dua instansi yaitu, pertama bernama Biro Meteorologi, ditempatkan di lingkungan markas tertinggi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang ditujukan khusus untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara. Pecahan kedua yaitu bernama Jawatan Meteorologi dan Geofisika yang pelaksanaan tugasnya berada di bawah Departemen pekerjaan umum. Jawatan meteorologi dan geofisika ini berkedudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta, tugasnya lebih diperuntukkan sebagai data yang dibutuhkan pemerintah dan masyarakat. Namun pada tahun 1947, yaitu pada masa perjuangan mengusir belanda, jawatan tersebut berhasil direbut oleh pemerintah belanda dan namanya diganti menjadi Meteorologisch en Geofisiche Dienst. Namun tak berselang lama, yaitu pada tahun 1949 lembaga itu kembali kepada pemerintah indonesia pada saat penyerahan kedaulatan negara repubkik Indonesia dari Belanda.

Pada tahun 1950, Indonesia ikut serta menjadi anggota World Meteorological Organisation (WMO) yang merupakan organisasi meteorologi tingkat dunia. Lalu pada tahun 1955, Jawatan meteorologi dan geofisika tersebut diganti menjadi Lembaga Meteorologi dan Geofisika yang pelaksanaan tugasnya berada di bawah Departemen Perhubungan. 10 tahun kemudian Lembaga Meteorologi dan Geofisika diganti namanya menjadi Direktorat Meteorologi dan Geofisika.  Pada tahun 1972, Direktorat Meteorologi dan Geofisika diganti namanya menjadi Pusat Meteorologi dan Geofisika, suatu instansi setingkat eselon II di bawah Departemen Perhubungan, yang pada tahun 1980 statusnya dinaikkan menjadi suatu instansi setingkat eselon I dengan nama Badan Meteorologi dan Geofisika

Pada tahun 2002, melalui Keputusan Presiden RI Nomor 46, dan 48 tahun 2002, struktur organisasinya diubah menjadi Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) dengan nama tetap Badan Meteorologi dan Geofisika. Terakhir, melalui Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2008, BMG berganti nama menjadi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dengan status tetap sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen.

Website resmi : www.bmkg.go.id

Bagi anda yang sedang mencari logo BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) dengan format CorelDraw, atau hanya ingin melengkapi koleksi logo Asuransi, anda bisa mendapatkannya di blog ini, kami akan terus share logo dan lambang yang anda butuhkan.

Untuk mendownload logo dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), silahkan menuju link dibawah ini:
 
 
LINK DOWNLOAD

>>  Logo BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)  <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "DOWNLOAD LOGO BMKG (BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA)"

Posting Komentar