DESKRIPSI
Dunkin' Donuts berawal dari sebuah restoran donat dan kopi di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat. Kala itu, penikmatnya bisa makan donat dengan harga 5 sen dollar Amerika dan kopi 10 sen dollar Amerika. Melansir News.dunkindonuts.com, dulunya tempat kuliner ini bukan disebut Dunkin' Donuts melainkan Open Kettle. Sampai pada 1950 William Rosenberg, sang pendiri, memutuskan mengubah nama gerai itu menjadi Dunkin' Donuts. Waralaba Dunkin' Donuts pertama rilis pada 1955, tempat makan donat ini pun berkembang begitu pesat, bahkan dalam kurun waktu 10 tahun sudah ada 100 gerai. Pada tahun 1970 dunkin donuts telah menjadi merek internasional dengan reputasi yang luar biasa dalam hal kualitas produk dan pelayanan. Puncaknya, pada 1972 Dunkin' Donuts meluncurkan menu andalannya bernama Munchkins, donat yang tidak bolong tengahnya tetapi berisi selai yang membuatnya semakin diminati.
Dunkin' Donuts berawal dari sebuah restoran donat dan kopi di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat. Kala itu, penikmatnya bisa makan donat dengan harga 5 sen dollar Amerika dan kopi 10 sen dollar Amerika. Melansir News.dunkindonuts.com, dulunya tempat kuliner ini bukan disebut Dunkin' Donuts melainkan Open Kettle. Sampai pada 1950 William Rosenberg, sang pendiri, memutuskan mengubah nama gerai itu menjadi Dunkin' Donuts. Waralaba Dunkin' Donuts pertama rilis pada 1955, tempat makan donat ini pun berkembang begitu pesat, bahkan dalam kurun waktu 10 tahun sudah ada 100 gerai. Pada tahun 1970 dunkin donuts telah menjadi merek internasional dengan reputasi yang luar biasa dalam hal kualitas produk dan pelayanan. Puncaknya, pada 1972 Dunkin' Donuts meluncurkan menu andalannya bernama Munchkins, donat yang tidak bolong tengahnya tetapi berisi selai yang membuatnya semakin diminati.
Melihat reputasi dan ketenaran Dunkin' Donuts yang semakin melejit, membuat Allied Domecq, sebuah perusahaan internasional yang membawahi togo’s dan Baskin Robins ingin membeli Dunkin' Donuts dari keluarga Rosenberg. Pembelian dan pengambilan perusahaan dari keluarga Rosenberg akhirnya disepakati dan dilakukan dengan penuh persahabatan pada tahun 1983. Meski berganti kepemilikan, Allied Domecq tetap berusaha mempertahankan sistem manajemen yang sudah berjalan di Dunkin Donuts. Kalaupun ada yang harus di rubah, perubahan dilakukan dalam skala kecil.
Hanya satu yang menjadi ambisi seluruh manajemen Allied Domecq yaitu membantu Dunkin Donuts memperluas pasar secara internasional. Untuk mewujudkan ambisinya tersebut diberlakukanlah standarisasi di seluruh counter Dunkin Donuts. Di samping itu, berbagai strategi marketing yang jitu juga mulai dilancarkan, seperti selalu berusaha memperbarui perubahan sesuai dengan trend, fokus terhadap kualitas produk serta berusaha memaksimalkan kepuasan pelanggan. Dengan didukung sumber daya manusia yang handal, dalam waktu singkat ambisi Allied Domecq tercapai. Dunkin Donuts berhasil memperluas pasar secara menakjubkan sehingga gerainya tidak hanya tersebar di dunia Amerika, tetapi juga di benua Eropa dan Asia termasuk ke Indonesia.
Sekarang Dunkin' Donuts punya lebih dari 12.000 gerai di sekitar 45 negara. Seiring berjalannya waktu Dunkin' Donuts pun mulai meluncurkan beragam makanan dan minuman selain donat dan kopi. Di antaranya sandwich, croissant, dan flatbread. Tersedia menu yang hanya ada di negara tempat Dunkin' Donuts berada. Selain donat, Dunkin' Donuts juga dikenal akan kualitas kopinya. Tak heran, tempat makan ini menjual lebih kurang 1,9 milyar gelas kopi setiap tahun. Menurut Brand Keys, perusahaan riset brand, Dunkin' Donuts mempertahankan kesetiaan pelanggan atas kopinya selama 10 tahun. Seperti donat, pilihan kopi di Dunkin' Donuts pun beragam. Sebut saja Hazelnut, French Vanilla, dan Pumpkin yang tersedia pada saat tertentu. Tak hanya kopi, tersedia juga cokelat panas, es teh, frozen drink, dan smoothies.
Dunkin Donuts pertama kali berdiri di Indonesia pada tahun 1985. Hanyan Wuruk Jakarta menjadi Counter pertama. Pendirinya adalah Bapak Tan Po Lian dan Ibu Tan Po Sian. Dalam pengembangan usahanya dipimpin oleh Bapak YL Tamuwijaya (Alm) dan dilanjutkan oleh Bapak Julius Lopatti. Untuk saat ini dan yang akan datang, dunkin donuts telah membuka lebih dari 16000 counter di 37 negara di seluruh dunia. Sedangkan perkembangan di Indonesia dunkin donuts telah membuka sebanyak 350 counter dengan 15 cabang diseluruh Indonesia. Pada tahun 1995 PT Dunkindo Lestari telah berhasil mendapatkan sertifikat halal dari MUI sebagai perusahaan yang memproduksi dan menjual produk halal seiring dengan tuntutan jaman dan berdasarkan kebutuhan dari Custumer.
Pada awal tahun 2002 PT Dunkin Lestari meluncurkan citra baru atau yang lebih dikenal dengan Dunkin Donuts New Image. Pada tahun 2007 saat itu Dunkindo Lestari meluncurkan konsep baru yang dikenal dengan Self Service. Dunkin' Donuts memiliki misi "Maintaning our branch endurance, and costumer satisfaction, by experience, through good people, with heart and soul", yang artinya memelihara dan menjaga daya tahan ketahanan merk kita, dan kepuasan pelanggan, dengan pengalaman kita, melalui orang-orang terbaik kita, dengan segenap hati dan jiwa." Sedangkan visi Dunkin' Donuts yaitu "We are proud to serve better", yang artinya dengan bangga kami senantiasa memberikan pelayanan lebih baik dan lebih baik lagi yang tercermin dalam citra brand dan pengalaman keceriaan anda adalah tujuan utama kami.
DOWNLOAD LOGO DUNKIN DONUTS
Untuk mendownload logo Dunkin Donuts dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group), PNG (Portable Network Graphics) tanpa background atau CDR (CorelDraw) untuk yang bisa diedit, langsung saja klik link dibawah ini:
LINK DOWNLOAD
0 Response to "DUNKIN' DONUTS"
Posting Komentar