MITRA BUKALAPAK

 
Pada akhir bulan September 2018 lalu, sebagaimana dikutip dari techinasia.com, Presiden Bukalapak Muhamad Fajrin Rasyid menyatakan kepada Bloomberg bahwa mereka telah menggandeng lebih dari tiga ratus ribu pemilik warung untuk bergabung dengan layanan baru bernama Mitra Bukalapak. Kabar ini cukup mengagetkan banyak orang yang selama ini mengira Bukalapak hanya akan fokus mengembangkan e-commerce online saja, tanpa melibatkan toko offline.

Mitra Bukalapak sendiri merupakan program yang memungkinkan individu dan pemilik warung untuk menjadi mitra. Para mitra tersebut bisa menjual berbagai produk yang tersedia di Bukalapak, mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, pulsa telepon, hingga tiket pesawat. Para calon pembeli yang tidak mempunyai akses internet, atau takut untuk melakukan transaksi online, bisa langsung menemui para pemilik warung tersebut yang kemudian akan membelikan barang di Bukalapak. Dari aktivitas tersebut, para individu dan pemilik warung bisa mengambil sebagian komisi untuk keuntungan mereka.

Menurut Chief Strategy Officer Bukalapak, Teddy Oetomo, rencana membuat program ini sebenarnya telah ada sejak tahun 2016. Ide tersebut muncul dari Founder Bukalapak Achmad Zaky melalui pernyataannya: "Awalnya program ini kami beri nama Agen Bukalapak, namun kami mengubahnya untuk menghilangkan stigma negatif terkait kata agen - Achmad Zaky, CEO Bukalapak". Di awal tahun 2017, barulah mereka mulai mengembangkan aplikasi dan merekrut mitra.

Program ini semula dibuat untuk meningkatkan penetrasi digital. Kehadiran agen di berbagai tempat diharapkan bisa memudahkan orang-orang yang tidak mempunyai rekening bank atau smartphone berbelanja di Bukalapak. Namun, seiring berjalannya waktu, Bukalapak menyadari bahwa solusi seperti ini justru bisa mengatasi masalah lain. Menurut Teddy, untuk jenis usaha seperti warung, akan lebih baik kalau mereka tetap melayani lingkungan kecil seperti biasa. Namun mereka dapat melengkapi usahanya dengan dukungan teknologi dari Bukalapak.

Teddy mengakui bahwa apa yang mereka lakukan dengan Mitra Bukalapak bukanlah sesuatu hal baru. Telah ada startup seperti Kudo yang melakukan hal serupa sebelumnya. Hal menarik dari program ini adalah Bukalapak tidak hanya membuat aplikasi khusus untuk para mitra, namun juga menghadirkan dukungan dari sisi pergudangan, distribusi, dan logistik. Tujuannya agar para mitra bisa mendapatkan produk dengan harga lebih murah, cepat, dengan jumlah stok terjamin.

Untuk itu, mereka menggandeng empat perusahaan besar. Dari kerja sama tersebut, Bukalapak bisa memanfaatkan 25 gudang yang tersebar di sekitar dua puluh kota besar. Program Mitra Bukalapak ini sendiri dikelola oleh sekitar seratus hingga dua ratus karyawan. Sekitar dua puluh orang di antaranya merupakan tim inti yang mengembangkan model bisnis dan layanan, sedangkan sisanya merupakan tim operasional yang bertugas menggaet mitra baru di lapangan.

Berikut adalah perkembangan Bukalapak dan program Mitra Bukalapak hingga saat ini:
  • Jumlah Mitra Bukalapak: 1 juta mitra, terdiri atas 300.000 warung dan 700.000 agen individu.
  • Nominal transaksi: lebih dari US$500 juta (sekitar Rp7,6 triliun) dalam setahun terakhir.

Teddy mengaku belum terlalu puas dengan pencapaian tersebut. Menurutnya, mereka masih berada pada tahap awal. Ke depannya, mereka ingin memiliki lebih banyak mitra dan produk untuk dijual, serta meningkatkan pengembangan dari sisi teknologi. Bukalapak sendiri mempunyai empat pilar utama dalam bisnis mereka, yaitu marketplace, non-marketplace, end user, dan Mitra Bukalapak. Teddy menututkan bahwa mereka memiliki pasar yang sangat potensial. Lebih lanjut ia menjelaskan Net Merchandise Value (NMV) Bukalapak naik 180 persen bila dibandingkan tahun lalu, dengan jumlah transaksi mencapai 500.000.

DOWNLOAD LOGO MITRA BUKALAPAK
Bagi anda yang ingin mendownload logo Mitra Bukalapak dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-mitra-bukalapak-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>  LOGO MITRA BUKALAPAK <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "MITRA BUKALAPAK"

Posting Komentar