LOGO IKATAN SARJANA PENDIDIKAN INDONESIA (ISPI)

 
Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), sebagaimana dikutip dari laman resminya ispi.or.id, adalah suatu organisasi profesi di bidang pendidikan di Indonesia. Menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangganya, ISPI mempunyai tujuan untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran kepada pembangunan pendidikan nasional secara profesional agar lebih terarah, berhasil guna dan berdaya guna, melalui pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan untuk kemajuan dan kepentingan bangsa dan negara.

Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia didirikan pada tahun 1960. Pada waktu itu ISPI masih bersifat lokal, yang setiap kota mempunyai masing-masing ketua. Keanggotaan ISPI semula diperlakukan secara otomatis–namun saat ini menganut stelsel aktif, telah dimanfaatkan sebagai salah satu sumbernya angka kredit dalam perhitungan kumulatif kenaikan pangkat dari di perguruan tinggi dan diakui oleh pemerintah. Di Bandung ISPI diketuai oleh Prof. Dr. Sadarjoen Siswomartojo dan Prof. Dr. Winarno Surachmad, M.Sc., M.Ed. Di Jakarta ISPI diketuai oleh Dr. A.S. Broto, di Kalimantan Barat ISPI diketuai oleh Prof. Dr. Hadari Nawawi serta di Sumatra Utara ISPI diketuai oleh Prof. Dr. Payung Bangun. Pada saat itu koordinasi dan keterpaduan secara nasional belum terwujud.

Pada tanggal 23 Desember 1980 sekelompok kecil sarjana pendidikan dari IKIP Bandung (Sekarang UPI) berkumpul untuk menjajaki adanya kemungkinan diadakannya suatu pertemuan yang bersifat nasional. Setelah dilakukan komunikasi antara sarjana pendidikan di Bandung, Malang, Semarang, dan Yogyakarta, maka dibentuk panitia pertemuan tingkat nasional yang sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 1981. Pertemuan tingkat nasional tersebut akhirnya diselenggarakan pada tanggal 29-30 April 1981 di Bandung. Pertemuan mengambil tema "Meningkatkan Profesi Kependidikan Dalam Rangka Pembangunan Budaya Bangsa." Dalam bidang keorganisasian sidang mengangkat formatur 3 orang yaitu, Prof. Dr. WP Napitupulu, Prof. Drs. M. Num’an Somantri, M.Sc. dan Prof. Dr. Engkoswara, M.Ed. 

Berdasarkan hasil keputusan pertemuan di Bandung, dan setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak, maka pada tanggal 27 Mei 1981 diadakan pertemuan selanjutnya dengan ISPI Jakarta, bertempat di ruang sidang Ditjen Diklusepora Depdikbud, Jl. Proklamasi 17 A. Jakarta. Pada pertemuan itu menghasilkan pengurus baru yang diberi nama Komisi Pelaksana Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia. Komisi ini bertugas menjalankan kepengurusan ISPI sampai terbentuknya ISPI yang baru hasil kongres ISPI. 

Kongres ISPI pertama diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan berlangsung pada tanggal 17-19 Mei 1984 di Jakarta. Kongres ISPI ini dihadiri oleh 85 orang dari 26 provinsi. Hasil kongres ISPI I tertuang dalam dokumen hasil kongres ISPI pertama tanggal 17-19 Mei 1984 di SDC Jakarta. Berdasarkan hasil kongres pertama ISPI itu, terbentuklah ISPI pusat dengan hari jadi tanggal 17 Mei 1960. Kongres ISPI kedua dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 1989 di Jakarta. Kongres kedua ini menghasilkan kepengurusan ISPI pusat untuk periode 1989-1994. 

Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) merupakan organisasi profesi yang bersifat pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya. ISPI memiliki tujuan untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran kepada pembangunan pendidikan nasional secara profesional agar lebih terarah, berhasil guna, dan berdaya guna melalui pembangunan dan penerapan ilmu pendidikan untuk kemajuan dan kepentingan Bangsa dan Negara. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), diantaranya yaitu:

  1. Menyelenggarakan pertemuan ilmiah dan penelitian mengenai ilmu, seni, budaya dan teknologi pendidikan.
  2. Mengadakan kerja sama menguntungkan dengan lembaga lembaga pemerintah dan swasta serta lembaga organisasi profesi lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.
  3. Menerbitkan media komunikasi ilmu, seni, budaya dan teknologi pendidikan.
  4. Melindungi kepentingan profesional anggota dan mengembangkan profesi kependidikan.
  5. Melindungi kepentingan masyarakat dari praktik pendidikan yang merugikan.

Bentuk kegiatan yang telah diselenggarakan berupa: seminar nasional, workshop, diskusi, diklat, training, lomba menulis, penerbitan web, jurnal dan lain-lain. Dalam pelaksanaan kegiatan, ISPI membangun kerjasasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. 

DOWNLOAD LOGO ISPI
Bagi anda yang ingin mendownload Logo Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-ispi-ikatan-sarjana-pendidikan-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO ISPI   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO IKATAN SARJANA PENDIDIKAN INDONESIA (ISPI)"

Posting Komentar