LOGO SENSUS PERTANIAN 2023 (ST 2023)

 
Sensus Pertanian 2023 (ST 2023), sebagaimana dikutip dari laman kumparan.com, adalah usaha pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisa, dan evaluasi data tentang jumlah dan sifat-sifat ekonomi petani/ perusahaan pertanian di Indonesia. Penyelenggaraan sensus pertanian sudah dilakukan oleh BPS sejak tahun 1963. Artinya, Sensus Pertanian 2023 (ST2023) mendatang merupakan sensus pertanian yang ke tujuh sejak Indonesia merdeka. Kegiatan pertanian yang dicakup dalam dalam ST2023 adalah pertanian dalam arti luas, meliputi 6 subsektor, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan. 

Hasil dari sensus ST2023 ini nantinya dapat digunakan untuk perencanaan, implementasi kebijakan, dan evaluasi program pembangunan pertanian di kementerian dan lembaga terkait (Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Bappenas), perguruan tinggi, serta lembaga internasional. ST2023 merupakan kegiatan besar sehingga persiapannya dilakukan dalam beberapa tahapan, baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya. Rangkaian ST2023 telah dimulai sejak tahun 2021 melalui kegiatan uji coba kuesioner dan mekanisme lapangan, serta pelaksanaan gladi kotor di lima provinsi terpilih, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Riau, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Pada tahun 2022 telah dilakukan gladi bersih pelaksanaan pencacahan lengkap ST2023. Puncaknya, pada tahun 2023 akan dilakukan pencacahan lengkap kepada responden unit usaha pertanian/rumah tangga tani dan perusahaan pertanian. Publisitas hasil ST2023 secara keseluruhan akan dilaksanakan pada tahun 2024. Kepala BPS, Margo Yuwono pada Launching Agriculture Room (AGRO), Theme Song & Tagline ST2023 menyampaikan hasil ST2023 harus menjadi data dan informasi pemerintah dalam merancang transformasi pertanian di Indonesia yang berkelanjutan dan memastikan peranan Indonesia di tataran global. 

Launching Agriculture Room (AGRO), Theme Song & Tagline ST2023 ini diselenggarakan di Four Star by Trans Hotel di Bali (16/12) tersebut merupakan kerjasama antara BPS dengan Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) sebagai wujud bentuk dukungan pelaksanaan ST2023 di Indonesia. Terobosan-terobosan yang dilakukan dalam ST2023, antara lain penggunaan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) dan Computer Assisted Web Interviewing (CAWI) untuk kali pertama dalam sejarah sensus pertanian Indonesia. 

ST2023 dirancang agar hasil yang diperoleh berstandar Internasional. Sensus Pertanian berstandar Internasional mengacu kepada program FAO yang dikenal dengan: World Programme for the Census of Agriculture (WCA). Namun demikian, BPS harus menjaga konsistensi konsep, pengukuran, dan tata cara sensus, agar hasilnya bisa dibandingkan secara apple to apple dengan hasil Sensus Pertanian 2013 (10 tahun yang lalu). Hal ini menjadi penting, agar kita bersama dapat mengevaluasi apakah ada perbaikan komprehensif terhadap kesejahteraan petani, apakah pembangunan pertanian sudah on the right track, dan seterusnya. Lalu, rangkaian ST2023 juga harus mampu mengukur apakah program swasembada pangan mungkin bisa diwujudkan, serta terjaminnya pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture).

Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, BPS bertanggung jawab menyediakan statistik dasar dengan menyelenggarakan kegiatan Sensus Penduduk (SP), Sensus Pertanian (ST) dan Sensus Ekonomi (SE) yang masing-masing dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali. Selanjutnya, dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik disebutkan bahwa waktu penyelenggaraan SP adalah pada tahun berakhiran angka 0 (nol), ST pada tahun berakhiran angka 3 (tiga), dan SE pada tahun berakhiran angka 6 (enam).

DOWNLOAD LOGO SENSUS PERTANIAN 2023 (ST 2023)
Bagi anda yang ingin mendownload Logo Sensus Pertanian 2023 (ST 2023) dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-sensus-pertanian-2023-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO SENSUS PERTANIAN 2023 (ST 2023)   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO SENSUS PERTANIAN 2023 (ST 2023)"

Posting Komentar