LOGO INDOMOBIL GROUP

 
Indomobil Group, sebagaimana dikutip dari laman wikipedia.org, adalah salah satu perusahaan otomotif terbesar dan terkemuka di Indonesia, dengan fokus usaha di bidang ritel, layanan purna jual dan pembiayaan kendaraan bermotor. Indomobil dan anak-anak perusahaannya merupakan agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan atau distributor dari duabelas merek kendaraan yang terkenal, yaitu Audi, Citroën, Hino, Kia Motors, Jaguar, Land Rover, Nissan, Renault, Suzuki, Volkswagen dan Volvo, Mercedes-Benz dengan ragam produk yang mencakup kendaraan roda empat dan dua, ATV, mesin motor tempel, kendaraan niaga, kendaraan serbaguna, truk, bis, alat berat dan kendaraan angkutan umum.

Meskipun saat ini Indomobil identik dengan Salim Grup, akan tetapi sebenarnya "Indomobil" bukanlah lahir dari grup ini. Indomobil dirintis oleh Soebronto Laras dan Atang Latief pada tahun 1970-an. Cerita bermula ketika pada tahun 1971, didirikan PT Indohero Steel & Engineering Company. Indohero diresmikan pabriknya pada 24 Juli 1971 di Jakarta dan saat itu dimiliki oleh Ngudi Gunawan dan Lisa Gunawan, saudara dari Muhammad Saleh Kurnia (pemilik Hero Supermarket).

Pabrik tersebut sebenarnya sudah beroperasi sejak April 1971, memproduksi sepeda motor Suzuki dengan awalnya memiliki kapasitas 60 unit/hari. Pada tahun 1974, Indohero dan Suzuki sempat berencana untuk memperluas usaha Suzuki di Indonesia dengan membangun pabrik produsen komponen motor. Akan tetapi, dalam waktu beberapa tahun kemudian, Indohero sudah terjerat hutang miliaran rupiah ke Bank Bumi Daya, dan bahkan terancam ditinggalkan oleh Suzuki.

Dalam perkembangannya, Ngudi dan Lisa lalu menjual perusahaan tersebut ke Atang Latief pada 1976. Meskipun Indohero saat itu sedang sekarat, Latief berpikir bahwa Indohero bisa dikembangkan nantinya. Latief kemudian mempergunakan Soebronto Laras untuk membantunya mengembangkan usaha itu. Soebronto kemudian berhasil bernegosiasi dengan Osamu Suzuki, pimpinan Suzuki di Jepang saat itu untuk memberikan lisensi produksi mobil untuk melengkapi pabrik motor yang sudah ada, setelah bisnis sepeda motor Indohero mulai sehat kembali. 

Maka, pada tahun itulah, didirikan PT Indomobil Utama sebagai pabrikan mobil Suzuki pertama di Indonesia dengan modal US$ 6,5 juta. Mobil yang diproduksi pertama adalah Suzuki Carry ST-20, yang sukses dipasarkan oleh Soebronto dengan mencari ceruk pasar di daerah-daerah, seperti petani cengkeh di Sulawesi Utara. Tahun 1971, Sudono Salim (Liem Sioe Liong) memasuki bisnis otomotif, Ia mendirikan PT Central Sole Agency untuk menjadi ATPM mobil Volvo keluaran Swedia. Pada awal tahun 1980-an, Liem kemudian mulai memperluas bisnis otomotif dengan mengambil alih PT National Motors, yang mengelola agen Hino Motors, Mazda dan Land Rover.

Pada tahun 1982, pemerintah melarang bisnis kasino di Indonesia, dan Latief yang awalnya mengelola sejumlah usaha tersebut pun merugi. Butuh uang dan tidak merasa mampu lagi membiayai pabriknya, Latief akhirnya memilih menjual bisnis pabrikan Suzuki (motor dan mobil) miliknya. Mulai 1981, Liem menyuntikkan dana ke PT Indohero, dan setahun kemudian mengakuisisi kepemilikan aset pabrikan otomotif milik Latief. Kemudian bisnis perusahaan-perusahaan otomotif milik Liem seluruhnya diberi nama Indomobil Group.

Perlu diperhatikan bahwa perusahaan yang saat ini bernama PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, bukanlah Indomobil yang "asli". Perusahaan ini awalnya didirikan pada 20 Maret 1987, dengan nama PT Cindramata Karya Persada. Tidak lama kemudian, pada 13 November 1987, namanya diubah menjadi PT Indosepamas Anggun (dikenal juga dengan nama Indoshoes). Indosepamas merupakan perusahaan Grup Salim yang bergerak di bidang produksi sepatu olahraga (sejak tahun 1990).

Indosepamas kemudian menawarkan sahamnya ke publik di Bursa Efek Jakarta, melepas 6 juta sahamnya dengan harga penawaran Rp 3.800/lembar yang dilakukan pada 15 November 1993. Indosepamas kemudian mendapat kode emiten IMAS yang masih dipertahankan saat ini. PT Indosepamas kemudian mengakuisisi 100% saham PT Primashoes Ciptakreasi yang memiliki pabrik sepatu baru. Pada November 1994-awal 1995, Grup Salim merestrukturisasi usahanya dengan menjadikan Indosepamas sebagai perusahaan induk.

Indosepamas lalu mengakuisisi sejumlah perusahaan senilai Rp 155 miliar, kemudian pada 25 Juni 1995, nama perusahaan menjadi PT Indomulti Inti Industri Tbk, mengingat usahanya yang terdiri dari aneka jenis usaha. Pada Oktober 1997, Grup Salim kembali mengumumkan rencananya untuk menjadikan PT Indomulti sebagai alat untuk backdoor listing Indomobil Group. Diawali dengan menjual seluruh anak usahanya (PT Kerismas, PT Indographica, PT Primashoes, PT Indo Hanshin, PT Sinar, PT Prospect, dan PT Adilanggeng), kemudian Indomulti dimerger dengan salah satu perusahaan Indomobil, yaitu PT Indomobil Investments International (IIC), kemudian pada waktu yang bersamaan nama perusahaan diubah menjadi PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

DOWNLOAD LOGO INDOMOBIL GROUP
Bagi anda yang ingin mendownload Logo Indomobil Group dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-indomobil-group-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO INDOMOBIL GROUP   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO INDOMOBIL GROUP"

Posting Komentar