DOWNLOAD LOGO KEMENTERIAN KEUANGAN (KEMENKEU)

download-logo-kemenkeu-kementerian-keuangan-vector-cdr-coreldraw-logoawal
 Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) adalah salah satu lembaga negara dalam jajaran kementerian yang masuk dalam kabinet kepresidenan negara republik Indonesia. Kementerian keuangan bertugas dalam membidangi urusan keuangan dan kekayaan negara dengan kedudukan di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden republik Indonesia. Sejarah pengelolaan keuangan di negara Indonesia sendiri sudah ada sejak jaman penjajahan bahkan sudah diterapkan sejak jaman kerajaan. Pengelolaan keuangan pemerintahan disini meliputi semua milik pemerintahan atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu pemerintahan. Keuangan yang dikelola berasal dari masyarakat yang berupa upeti, pajak, bea cukai, dan lain-lain.

Sejarah kementerian keuangan sendiri sudah ada sejak jaman pemerintahan hindia belanda melalui VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie), yang pada saat itu dipimpin oleh Gubernur Jenderal Jan Pieterzoon Coen (1619-1623 dan 1627-1629). VOC mendpatkan hak ocrooi yang salah satunya untuk mencetak uang dan mengeluarkan kebijakan perekonomian. Beberapa kebijakan perekonomian yang dikeluarkan oleh VOC diantaranya, verplichte leverentie yaitu kewajiban menyerahkan hasil bumi pada VOC, contingenten yang merupakan pungutan sebagai pajak hasil bumi, melakukan pembatasan terhadap jumlah tanaman rempah-rempah agar harganya bisa tinggi, dan preangerstelsel yaitu kewajiban untuk menanam pohon kopi.

Karena pada saat itu keberadaan tenaga ahli keuangan sangat minim, maka untuk mengisi kekurangan tenaga keuangan pemerintah Belanda mengadakan berbagai kursus yang diperuntukkan bagi orang Belanda dan juga orang Pribumi yang dipandang mampu. Kursus yang diadakan belanda tersebut berupa kursus ajun kontrolir dan treasury atau perbendaharaan dalam bahasa kita. Selain itu terjadi kondisi perekonomian yang memprihatinkan pada masa itu, hal ini memaksa pemerintah belanda untuk membentuk Departemen of Financien, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengontrolan pemasukan dan pengeluaran keuangan negara. Namun ketika bangsa Jepang masuk ke Indonesia Departemen ini dihapus.

Setelah Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945, dan Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, kota Jakarta dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan Gedung Department of Financien difungsikan  sebagai pusat kegiatan pengolahan keuangan sehari-hari. Lalu karena situasi perekonomian pasca kemerdekaan tidak stabil, maka pada tanggal 2  september 1945 BPKKP dan BKR melakukan rapat yang diadakan di Surabaya. Dalam rapat tersebut mereka menyadari bahwa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia selain kekuatan persenjataan juga diperlukan kekuatan dana untuk membiayai perjuangan itu sendiri. Atas dasar itulah pemerintah perlu kementerian keuangan, dan presiden Soekarno mengangkat Dr. Samsi sebagai Menteri Keuangan.

Pada 24 Oktober 1945, Menteri Keuangan A.A Maramis menginstruksikan tim serikat buruh G. Kolff selaku tim pencari data untuk menemukan tempat percetakan uang dengan teknologi yang relatif modern. Hasilnya, percetakan G. Kolff Jakarta dan Nederlands Indische Mataaalwaren en Emballage Fabrieken (NIMEF) Malang dianggap memenuhi persyaratan. Menteri pun melakukan penetapan pembentukan Panitia Penyelenggaraan Percetakan Uang Kertas Republik Indonesia yang diketuai oleh TBR Sabarudin. Akhirnya, uang ORI (Oeang Republik Indonesia) pertama berhasil dicetak.

30 Oktober disahkan sebagai Hari Keuangan Republik Indonesia oleh presiden berdasarkan lahirnya uang emisi pertama Republik Indonesia, yang membanggakan seluruh rakyat Indonesia. Uang adalah lambang utama suatu negara merdeka serta sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada khalayak umum. Untuk menghargai jasa A.A Maramis, maka gedung Department of Financien atau gedung Daendels diberi nama gedung A.A Maramis. Gedung ini menjadi pusat kerja Menteri Keuangan selaku pimpinan Departemen Keuangan Republik Indonesia saat menjalankan tugasnya sehari-hari. Seiring dengan kebutuhan akan koordinasi antar unit, sejak tahun 2007 gedung Menteri Keuangan dipindah ke Gedung Djuanda 1 yang berlokasi di seberang Gedung AA Maramis.

Saat ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara juncto Peraturan Presiden Nomor 47 tahun 2009 tentang pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara, serta merujuk pada surat edaran Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan Nomor SE-11 MK.1/2010 tentang perubahan Nomenklatur Departemen Keuangan menjadi Kementerian keuangan, maka sejak 2009 Departemen Keuangan resmi berubah nama menjadi Kementerian Keuangan.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2015, Kementerian Keuangan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam melaksanakan tugas, Kementerian Keuangan menyelenggarakan fungsi:
  1. Melakukan perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang penganggaran, pajak, kepabeanan dan cukai, perbendaharaan, kekayaan negara, perimbangan keuangan, dan pengelolaan pembiayaan dan risiko;
  2. Melakukan perumusan, penetapan, dan pemberian rekomendasi kebijakan fiskal dan sektor keuangan;
  3. Mengkoordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Keuangan;
  4. Melakukan pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Keuangan;
  5. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Keuangan;
  6. Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Keuangan di daerah;
  7. Melaksanakan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah;
  8. Melaksanakan pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi kompetensi di bidang keuangan negara; dan
  9. Melaksanakan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Keuangan.
Website resmi : kemenkeu.go.id

Bagi anda yang sedang mencari logo Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan format CorelDraw, atau hanya ingin melengkapi koleksi logo Kementerian, anda bisa mendapatkannya di blog ini, kami akan terus share logo dan lambang yang anda butuhkan.

Untuk mendownload logo dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), silahkan menuju link dibawah ini:
 
 
LINK DOWNLOAD

>>  Logo Kemenkeu (
Kementerian Keuangan)  <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "DOWNLOAD LOGO KEMENTERIAN KEUANGAN (KEMENKEU)"

Posting Komentar