DOWNLOAD LOGO OSIS SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS)

download-logo-osis-sma-cdr-coreldraw-logoawal
 Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan menengah yang merupakan kelanjutan dari jenjang sebelumnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah. Pada jenjang ini lama pendidikan yang ditempuh adalah 3 tahun dengan tingkatan dari kelas 10, 11 dan 12. Pendidikan ini dinyatakan telah selesai apabila siswa telah menyelesaikan seluruh jenjang kelas dan telah menempuh ujian akhir berupa ujian sekolah dan ujian nasional. Bagi siswa yang telah lulus akan diberikan ijazah tanda kelulusan dari SMA yang nantinya dapat digunakan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Pada tahun-tahun sebelumnya pembagian tingkat kelas di jenjang SMA adalah kelas 1, 2 dan 3, namun setelah tahun 2015, baik jenjang SMP maupun SMA yang sebelumnya tingkat kelas menggunakan kelas 1, 2 dan 3 mulai dirubah menjadi 7, 8, 9 (untuk SMP) dan 10, 11, 12 (untuk SMA). Hal ini didasarkan atas wacana pemerintah yang akan mewajibkan seluruh warga negara Indonesia untuk menempuh wajib belajar 12 Tahun. Namun wacana itu hingga saat ini masih belum diterapkan, sehingga wajib belajar masih mengikuti aturan sebelumnya yaitu wajib belajar 9 tahun (6 tahun jenjang SD dan 3 tahun jenjang SMP).
 
Berdasarkan catatan sejarah, pendidikan setara SMA juga pernah ada sejak masa penjajahan belanda. Pendidikan setara SMA pada waktu itu dinamakan Hoogere Burgerschool (HBS), namun lama periode pendidikan yang ditempuh adalah 5 tahun, tidak seperti saat ini yaitu 3 tahun. Mereka yang ingin mengikuti pendidikan di HBS harus sudah lulus dari pendidikan jenjang sebelumnya yaitu ELS atau HIS (setingkat dengan SD). Bisa dikatakan HBS merupakan gabungan dari jenjang SMP dan SMA menjadi satu paket, karena bagi yang telah menempuh pendidikan di HBS dan lulus bisa langsung melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Pada masa itu orang Indonesia yang bisa bersekolah adalah mereka para golongan Elite.
 
Setelah diberlakukannya otonomi daerah, kini jenjang pendidikan SMA juga menjadi wewenang dan tanggung jawab pemerintah daerah. Selain pemerintah yang menyelenggarakan jenjang SMA Negeri (SMAN), jenjang ini juga diselenggarakan oleh pihak swasta, yayasan, ormas atau perusahaan tertentu dengan sebutan SMA swasta. Pendidikan yang setara SMA juga ada Madrasah Aliyah (MA) yang juga diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta, selain itu ada juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang lebih menitik beratkan pada pendidikan keahlian tertentu. SMK juga diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta. Selain itu ada juga Madrasah Aliyah Kejuruan, yang mirip dengan SMK, namun dipadukan dengan pendidikan agama Islam, jenjang ini oleh pemerintas diselenggarakan dibawah kementerian agama atau oleh pihak swasta diselenggarakan oleh ormas islam.
 
Bagi masyarakat yang putus sekolah di jenjang SMA, atau yang belum mengenyam pendidikan ini dikarenakan situasi dan kondisi tertentu, pemerintah menyediakan Kelompok Belajar Paket C (Kejar Paket C) yang setara dengan jenjang SMA/SMK/MA. Mereka yang lulus akan mendapatkan ijazah lulusan jenjang SMA. Jenjang SMA di Indonesia  umumnya menggunakan seragam putih abu-abu untuk hari hari biasa, seragam coklat untuk pramuka/ hari tertentu, dan pada sekolah-sekolah tertentu menggunakan seragam putih-putih atau ada juga yang batik.
 
Bagi anda yang sedang mencari logo Osis SMA (Sekolah Menengah Atas) dengan format CorelDraw, atau hanya ingin melengkapi koleksi logo Pendidikan, anda bisa mendapatkannya di blog ini, kami akan terus share logo dan lambang yang anda butuhkan. Untuk mendownload file format PNG, langsung saja "save as" gambar di atas.
 
Untuk mendownload logo dari Osis SMA (Sekolah Menengah Atas), silahkan menuju link dibawah ini:
 
 
LINK DOWNLOAD

>>  Logo Osis SMA (Sekolah Menengah Atas)  <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to " DOWNLOAD LOGO OSIS SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS)"

Posting Komentar