LOGO PUPUK KALIMANTAN TIMUR (PUPUK KALTIM)

 
PT. Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), sebagaimana dikutip dari laman resminya pupukkaltim.com, adalah sebuah salah satu perusahaan industri strategis di Indonesia dengan lima unit pabrik Amoniak dan lima unit pabrik Urea yang terletak dalam satu lokasi yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur dan merupakan anak PT Pupuk Indonesia Holding Company (dahulu PT Pupuk Sriwidjaja). Sementara unit pabrik NPK tersebar di tiga kota (Bontang, Semarang, dan Surabaya). PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) adalah salah satu produsen pupuk urea dan NPK terbesar di Asia dengan aset pada tahun 2019 mencapai Rp 29,097 triliun.

Sejarah berdirinya PT. Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) sudah dimulai pada tahun 1977, dimana sebuah proyek pupuk lepas pantai dimulai di atas dua buah kapal milik Pertamina, produsen minyak Indonesia yang terbesar, yang kemudian menjadi awal dari berdirinya PT Pupuk Kalimantan Timur. Kesuksesan proyek tersebut akhirnya mengawali berdirinya sebuah pabrik seluas 493 ha (hektar) yang tadinya merupakan area hutan yang sangat padat di lereng perbukitan hutan Kalimantan Timur. Tepatnya pada tanggal 7 Desember 1977, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) resmi berdiri. Bahan baku utama bagi pabrik di Bontang ini adalah gas alam yang disalurkan melalui pipa dari Muara Badak, sekitar 60 km dari lokasi pabrik. 

Pada awalnya proyek Pupuk Kaltim dikelola oleh Pertamina dengan fasilitas pabrik pupuk terapung atau pabrik di atas kapal. Karena beberapa pertimbangan teknis maka sesuai Keppres No.43 tahun 1975 lokasi proyek dialihkan ke darat, dan melalui Keppres 39 tahun 1976 pengelolaannya diserahkan dari Pertamina ke Departemen Perindustrian. Tahun 1979 pembangunan pabrik Kaltim-1 mulai dilaksanakan dan masa operasi komersial pertama kali dimulai pada tahun 1987. Pabrik Kaltim-2 mulai dibangun pada awal tahun 1982 dan diselesaikan 3 bulan lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan serta berhasil mencapai masa operasi komersial lebih cepat dari Kaltim-1, yaitu pada tahun 1984. Pabrik Kaltim-1 dan pabrik Kaltim-2 diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 28 Oktober 1984. 

Pabrik Kaltim-3 dibangun tahun 1986 dan diresmikan pada tanggal 4 April 1989. Selain itu dibangun pula unit pembuatan urea formaldehyde (UFC-85) dengan kapasitas 13.000 ton per tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pupuk urea yang dihasilkan. Pada tanggal 20 November 1996 dibangun pabrik urea unit IV (POPKA) yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah bagi Amoniak sisa (Ammonia excess) dan gas CO2 yang terbuang ke atmosfer guna menghasilkan produk urea granul. Pabrik dengan proyeksi kapasitas produksi 570.000 ton per tahun ini selesai pada tanggal 12 April 1999. Nilai investasi pembangunan pabrik POPKA sebesar USD 44 juta dan Rp 139 miliar. 

Pabrik Kaltim-4 mulai dibangun pada tahun 1999 dengan proyeksi kapasitas 570.000 ton urea granul dan 330.000 ton amoniak per tahun. Pembangunan pabrik urea berhasil diselesaikan pada pertengahan tahun 2002, sedangkan pabrik amoniak diselesaikan pada awal tahun 2003. Pada tahun 2007, Pupuk Kaltim mula terjun dalam industri pupuk NPK dengan membangun pabrik NPK blending di Bontang untuk memproduksi NPK dengan fosfatnya mengimpor dari Maroko yang beroperasi mulai tahun 2005 dan membangun dua pabrik NPK Fusion yang mulai beroperasi tahun 2010 dengan total investasi USD 14,2 juta.

Pupuk Kaltim mengambil alih aset pabrik amoniak (kapasitas 660.000 ton/tahun) dan fasilitas penunjangnya dari PT Kaltim Pasifik Amoniak (KPA) melalui “Transfer Asset Agreement” pada tahun 2014, kemudian membentuk unit produksi baru yang disebut Pabrik Kaltim-1A yang terdiri dari pabrik amoniak eks KPA dan pabrik urea unit IV (POPKA). Pabrik Kaltim-5 mulai dibangun pada 14 September 2011, diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada 19 November 2015. Pabrik 5 Pupuk Kaltim dibangun dengan biaya US$ 576 juta. Kapasitas produksinya mencapai 825 ribu ton amoniak per tahun dan 1.155.000 ton urea per tahun. Pabrik Kaltim-5 menggantikan eksistensi pabrik unit pabrik Kaltim-1 yang ditutup karena sudah tua dan kurang efisien.

Pupuk Kaltim bersama dengan Dahana resmi membentuk perusahaan patungan (join venture) bernama PT Kaltim Amonium Nitrat, untuk mendirikan pabrik ammonium nitrat di Bontang. Pabrik ini rencananya dibangun dengan desain kapasitas 75.000 ton/tahun dan diharapkan bisa beroperasi pada tahun 2022. Total biaya investasi pabrik ini adalah Rp 1,1 triliun. Saat ini Pupuk Kaltim memiliki lima buah pabrik pupuk Urea dengan kapasitas total sebanyak 3,43 juta ton urea per tahun serta lima buah pabrik Amoniak dengan kapasitas total sebanyak 2,98 juta ton Amoniak per tahun. Sementara produksi pupuk NPK adalah sebanyak 350.000 ton per tahun dengan pabriknya ada di tiga kota, yaitu: Bontang, Semarang, dan Surabaya. 

DOWNLOAD LOGO PUPUK KALTIM
Bagi anda yang ingin mendownload Logo Pupuk Kaltim dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-pupuk-kaltim-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO PUPUK KALTIM   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO PUPUK KALIMANTAN TIMUR (PUPUK KALTIM)"

Posting Komentar