LOGO ARDUINO

 
Arduino, sebagaimana dikutip dari laman monitorteknologi.com, platform sumber terbuka yang digunakan untuk membangun proyek elektronik.  Arduino terdiri dari papan sirkuit fisik yang dapat diprogram sering disebut sebagai mikrokontroler dan software, atau IDE (Integrated Development Environment) yang berjalan di komputer kalian, digunakan untuk menulis dan mengunggah kode komputer ke papan fisik. Platform Arduino telah menjadi sangat populer di kalangan orang-orang yang baru memulai dengan elektronik. 

Tidak seperti kebanyakan papan sirkuit yang dapat diprogram sebelumnya, Arduino tidak memerlukan perangkat keras terpisah (disebut programmer) untuk memuat kode baru ke papan,  kalian cukup menggunakan kabel USB. Selain itu, Arduino IDE menggunakan versi sederhana C ++, membuatnya lebih mudah untuk belajar memprogram. Akhirnya, Arduino memberikan faktor bentuk standar yang memecah fungsi mikrokontroler menjadi paket yang lebih mudah diakses. Sedangkan Uno adalah salah satu papan yang lebih populer di keluarga Arduino dan pilihan yang bagus untuk pemula.

Perangkat keras dan lunak Arduino dirancang untuk membuat objek atau lingkungan interaktif. Arduino dapat berinteraksi dengan tombol, LED, motor, speaker, unit GPS, kamera, internet, dan bahkan ponsel pintar atau TV kalian, Fleksibilitas ini dikombinasikan dengan fakta bahwa software Arduino gratis, papan hardware cukup murah, dan kedua perangkat lunak dan perangkat keras yang mudah untuk belajar karena sudah banyak komunitas besar pengguna Arduino yang telah menyumbangkan kode dan dirilis petunjuk untuk berbagai Proyek berbasis Arduino.

Fungsi utama dari Arduino adalah memudahkan penggunaan dalam berbagai bidang elektronik seperti pembuatan aplikasi running LED, traffict LED, mobile robot, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan menggunakan arduino, pembuatan aplikasi-aplikasi tersebut menjadi lebih praktis, murah, dan mudah untuk dibuat dan dipergunakan. Ada begitu banyak project Aruduino yang telah diciptakan, kalian bisa kunjungi langsung situs Arduino untuk mengetahui tutorial pembuatannya. Adapun beberapa contoh project arduino adalah seperti dibawah ini :

  • Sound Alarm
  • Sleepy Timer
  • Game Controller
  • Lampu Flip-Flop
  • Robot Pintar

Ada banyak jenis papan Arduino yang dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda. Beberapa papan ada yang terlihat sedikit berbeda , tetapi sebagian besar Arduino memiliki mayoritas komponen yang sama seperti:

Power (USB / Barrel Jack)
Setiap papan Arduino membutuhkan cara untuk dihubungkan ke sumber daya. Arduino UNO dapat diaktifkan dari kabel USB yang berasal dari komputer Anda atau catu daya dinding, yang diakhiri dengan jack barel.  Koneksi USB juga merupakan cara kalian memuat kode ke papan Arduino kalian. Dan juka kalian harus memastikan jangan pernah gunakan catu daya yang lebih besar dari 20 Volt karena kalian akan  menghancurkan Arduino kalian. Tegangan yang disarankan untuk sebagian besar model Arduino adalah antara 6 sampai 12 Volt.

Pin (5V, 3.3V, GND, Analog, Digital, PWM, AREF)
Pin pada Arduino kalian adalah tempat di mana kalian menghubungkan kabel untuk membangun sirkuit (mungkin bersamaan dengan papan tempat breadboard dan beberapa kawat. Mereka biasanya memiliki ‘header’ plastik hitam yang memungkinkan kalian untuk hanya memasukkan kabel tepat ke papan. Arduino memiliki beberapa jenis pin yang berbeda, masing-masing diberi label di papan dan digunakan untuk fungsi yang berbeda.

Tombol Atur Ulang
Arduino juga memiliki tombol reset (10) . Menekannya untuk sementara akan menghubungkan pin reset ke ground dan me-restart kode yang dimuat pada Arduino. Ini bisa sangat berguna jika kode kalian tidak berulang, tetapi kalian ingin mengujinya berulang kali.

Indikator Daya LED
Tepat di bawah dan di sebelah kanan kata “UNO” di papan sirkuit kalian, ada LED kecil di sebelah kata ‘ON’ (11) . LED ini akan menyala setiap kali kalian mencolokkan Arduino ke sumber listrik. Jika lampu ini tidak menyala, ada kemungkinan besar ada sesuatu yang salah.

LED TX RX
TX adalah kependekan dari transmit atau pengiriman, RX adalah kependekan dari receive atau penerimaan. Tanda-tanda ini muncul sedikit di elektronik untuk menunjukkan pin yang bertanggung jawab untuk komunikasi serial. Dalam sebuah kasus, misalkan ada dua tempat di Arduino UNO di mana TX dan RX muncul satu kali dengan pin digital 0 dan 1, dan kedua kalinya di sebelah TX dan LED indikator RX (12) . LED ini akan memberi kita beberapa indikasi visual yang bagus setiap kali Arduino kita menerima atau mengirimkan data (seperti ketika kita memuat program baru ke papan).

IC utama
Benda hitam dengan semua kaki logam adalah IC, atau Integrated Circuit (13) . Anggap saja sebagai otak Arduino kita. IC utama pada Arduino sedikit berbeda dari jenis papan ke jenis papan, tetapi biasanya dari garis ATmega IC dari perusahaan ATMEL. Ini bisa menjadi penting, karena kalian mungkin perlu mengetahui jenis IC (bersama dengan jenis papan kalian) sebelum memuat program baru dari perangkat lunak Arduino. Informasi ini biasanya dapat ditemukan secara tertulis di sisi atas IC.

Regulator Tegangan

Regulator tegangan sebenarnya bukan sesuatu yang kalian dapat atau harus berinteraksi dengan Arduino. Tetapi berpotensi bermanfaat untuk mengetahui bahwa itu ada di sana dan untuk apa itu. Regulator tegangan melakukan apa yang dikatakannya  yaitu mengontrol jumlah tegangan yang dibiarkan masuk ke papan Arduino. Anggap saja semacam penjaga gerbang, Regulator akan mengubah tegangan ekstra yang dapat membahayakan sirkuit. Dan yang perlu kalian tahu Regulator ini juga memiliki batasnya, jadi jangan menghubungkan Arduino kalian dengan sesuatu yang lebih besar dari 20 volt.

DOWNLOAD LOGO ARDUINO
Bagi anda yang ingin mendownload Logo Arduino dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-arduino-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO ARDUINO   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO ARDUINO"

Posting Komentar