LOGO DISASTER VICTIM IDENTIFICATION (DVI) INDONESIA

 
DVI Indonesia, sebagaimana dikutip dari laman bencana-kesehatan.net, merupakan proses identifikasi korban yang meninggal akibat bencana. Kementerian Kesehatan bersama dengan Kepolisian RI sejak 1999 membentuk Tim DVI di Indonesia yaitu Tim DVI Nasional, Tim DVI Regional dan Tim DVI Provinsi. Tim DVI ini masuk dalam salah satu sub klaster kesehatan saat penanganan bencana. Tim DVI terdiri dari dokter spesialis forensik, dokter gigi, antropolog, kepolisian, fotografi dan ada yang berasal dari masyarakat. 

Operasi DVI dibagi menjadi 5 fase :
  1. Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) sebagai tindakan awal untuk mengetahui seberapa luas jangkauan bencana;
  2. Post Mortem sebagai tindakan pemeriksaan keseluruhan untuk memperoleh dan mencatat data lengkap mengenai korban;
  3. Ante Mortem yaitu proses pengumpulan data mengenai jenazah sebelum kematian;
  4. Rekonsiliasi sebagai tindakan pembandingan data post mortem dengan data ante mortem;
  5. Debriefing yaitu pengembalian korban yang sudah diidentifikasi kepada keluarganya untuk dimakamkan dan apabila korban tidak teridentifikasi maka pemakaman jenazah menjadi tanggung jawab organisasi yang memimpin komando DVI.

Dikutip dari kompasiana.com, bencana dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebab bencana, diantaranya adalah bencana alam (seperti gempa dan tsunami), bencana non-alam (seperti kebakaran gedung, wabah, nuklir) dan bencana sosial (seperti konflik sosial, teror). Namun, berdasarkan kepastian identifikasi para korban, bencana dibedakan menjadi dua jenis, yakni: open disaster yang merupakan bencana dengan kepastian identifikasi korban yang tinggi, dan closed disaster yang merupakan bencana dengan kepastian identifikasi korban yang rendah. 

DVI perlu dilakukan untuk beberapa alasan, diantaranya adalah untuk menegakkan Hak Asasi Manusia (HAM), kepentingan hukum (seperti asuransi, warisan dan status perkawinan) dan sebagai bagian proses penyidikan atau identifikasi. DVI ini dilakukan melalui kerjasama antara para tim DVI, tenaga kesehatan dan polisi. Bila terdapat korban hidup, maka yang dilakukan adalah pertolongan pertama, pengobatan, evakuasi dan diberikan bantuan pangan. Sedangkan untuk korban meninggal, maka dilakukan proses pencarian, evakuasi, identifikasi, penyerahan kepada pihak keluarga dan penguburan.

Cara mengidentifikasi korban meninggal, dapat dilakukan dengan dua metode identifikasi data yakni metode identifikasi primer dan identifikasi sekunder. Identifikasi data primer meliputi finger print, dental dan DNA, sedangkan untuk identifikasi data sekunder meliputi rekap medis, foto, KTP dan properti. Ketentuan suatu identifikasi dapat dikategorikan sebagai positif atau berhasil adalah minimal terdapat 1 data primer, dengan atau tanpa data sekunder ; atau minimal terdapat 2 data sekunder, bila tidak ada data primer.

Identifikasi data dental merupakan prosedur identifikasi yang dikategorikan tercepat, termurah dan stabil. Hal ini dikarenakan struktur gigi yang kuat serta tahan terhadap benturan dan suhu tinggi, sehingga dapat dijadikan data identifikasi. Hal ini pula yang mempelopori terbentuknya cabang ilmu kedokteran gigi forensik. Mereka akan tergabung dengan para ahli menjadi satu tim DVI yang umumnya meliputi forensic pathology, forensic odontology, radiologi kedokteran gigi, fingerprint expert dan DNA expert. Dalam proses DVI, terdapat 5 fase yang terjadi secara berurutan. Fase pertama adalah fase TKP. Pada fase ini, yang dilakukan adalah penetapan prosedur DVI, melakukan pencarian dan pencatatan dari sisa tubuh dan barang bukti, serta meneliti tempat kejadian perkara (TKP). 

DOWNLOAD LOGO DVI INDONESIA
Bagi anda yang ingin mendownload Logo DVI Indonesia dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-dvi-indonesia-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO DVI INDONESIA   <<
Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO DISASTER VICTIM IDENTIFICATION (DVI) INDONESIA"

Posting Komentar