LOGO PENCAK SILAT IKATAN KELUARGA SILAT PUTRA INDONESIA (IKSPI) KERA SAKTI

 
Pencak Silat Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti, sebagaimana dikutip dari laman ayoolahraga.co.id, saat ini sudah menjadi salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia. Keanggotaanya sendiri bukan hanya berada di tanah air, namun juga mencakup luar negeri seperti di Malaysia, Brunei Darussalam, Hongkong, Thailand, Singapura, Timor Leste, Korea Selatan dan Irlandia. Sehingga total anggota dari IKS PI sudah mencapai 1 juta jiwa, jumlah ini cukup fantastis mengingat umur perguruan ini yang masih muda.

Sejarah Pencak Silat Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti dimulai saat Bapak R. Totong Kiemdarto mendirikan Perguruan Seni Ilmu Beladiri Kung Fu IKSPI Kera Sakti pada 15 Januari 1980 di Jl. Merpati No. 45, Kelurahan Nambangan Lor, Kec. Mangunharjo, Kota Madiun. R. Totong Kiemdarto lahir pada 20 Oktober 1953 di Madiun, keluarga beliau sendiri pada saat itu masih memegang teguh tradisi Jawa. Oleh karena itu, karena tanggal lahir beliau sama dengan neptu lahir orang tua nya, sesuai adat yang ada, Bapak Totong harus diasuh oleh keluarga yang berbeda.

Pada akhirnya, Bapak Totong diadopsi oleh orang tua keturunan Tiongkok, sehingga beliau memiliki nama panggilan Totong layaknya nama orang Tiongkok. Sedari kecil, Bapak Totong sudah mempelajari bela diri Kungfu dan pencak silat. Namun dalam perjalanannya menggali ilmu beladiri, beliau belum sekalipun disahkan menjadi anggota resmi dari berbagai aliran beladiri tersebut. Sehingga status beliau masih bebas dan tidak terikat oleh salah satu perguruan. Sebagai pendiri sekaligus guru besar dari IKSPI Kera Sakti, ilmu beladiri yang telah Bapak Totong Kiemdarto pelajari antara lain silat Jawa, Kungfu, Qontak, Yoga dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, beliau juga mempelajari ilmu kerohanian atau kebatinan dari para pendekar, Kyai, Ulama bahkan paranormal dari berbagai aliran beladiri yang beliau ikuti. Seiring berjalannya waktu, pada 15 Januari 1980 Bapak Totong pun mendirikan sebuah perguruan pencak silat beraliran Kungfu bernama Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Kera Sakti (IKS PI Kera Sakti). Namun banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai Perguruan Kera Sakti karena jurus kera menjadi jurus paling ikonik dalam perguruan ini.

IKSPI Kera Sakti merupakan perguruan yang mengajarkan Kungfu dengan jurus kera aliran selatan dan utara. Sehingga terdapat perpaduan gerakan silat Indonesia dengan gerakan kera dari bela diri Kung Fu. Guru Besar IKSPI Kera Sakti Bapak Totong sendiri wafat pada 24 Desember 1997 yang meninggalkan duka mendalam bagi para anggota IKSPI Kera Sakti dan dunia pencak silat tanah air. Tujuan dari IKSPI Kera Sakti tertuang dalam sebuah visi misi perguruan, berikut visi dan misi dari IKSPI Kera Sakti, yaitu:

VISI
Mencetak kader bangsa yang mandiri, memiliki sikap budi luhur, peduli sesama, berkemampuan tinggi, berjiwa ksatria, sehat jasmani dan rohani.

MISI

  1. Mewujudkan dan melatih kader bangsa yang mampu menjaga harkat dan martabat pribadi, keluarga dan masyarakat.
  2. Menciptakan generasi bangsa yang berkemampuan lebih dalam mengolah jiwa dan raga serta sehat jasmani maupun rohani.
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi dan mengolah kemampuan dalam dunia persilatan.
  4. Membimbing seluruh anggota agar menjadi manusia yang berjiwa Pancasila, bermental Ksatria, serta peduli terhadap sesama.

ARTI LOGO PENCAK SILAT IKSPI KERA SAKTI

Lambang atau logo perguruan merupakan sebuah identitas dengan makna yang cukup dalam, berikut penjelasan makna lambang perguruan IKSPI Kera Sakti:

  1. Bentuk Perisai, bermakna bahwa ilmu yang ada pada IKSPI Kera Sakti berfungsi sebagai tameng untuk melindungi diri dan tidak boleh digunakan untuk kesewenang-wenangan.
  2. Tiga Tingkatan Pada Perisai, melambangkan adanya 3 tingkatan yang ada pada perguruan, yaitu Tingkat I Warga (Sabuk biru), Tingkat II Pendekar (Sabuk Merah), Tingkat III Dewan Guru (Sabuk Merah Strip Kuning Emas).
  3. Huruf Q Besar, ika Anda cermat mengamati, terdapat sebuah pola berbentuk Q di belakang gambar manusia dan kera. Huruf Q tersebut melambangkan kekuatan rohani dari ilmu Qontak berupa tenaga dalam.
  4. Gambar Manusia dengan Bayangan Kera, bermakna bahwa IKSPI Kera Sakti mengajarkan ilmu beladiri menggunakan gerakan silat aliran Kera.
  5. Warna Dasar Merah, merah berarti kebenaran, yaitu para anggota IKSPI Kera Sakti harus berani dalam membela kebenaran.
  6. Warna Kuning di Dalam Huruf Q, artinya seorang anggota IKSPI Kera Sakti harus memiliki kepandaian berupa ilmu yang disimbolkan dengan warna kuning.
  7. Tepi Perisai Warna Hitam, hitam melambangkan kekuatan jasmani sebagai dasar yang harus ada pada setiap diri anggota perguruan IKSPI Kera Sakti.
  8. Warna Putih, warna putih bermakna kesucian dan keluhuran budi dari ajaran IKSPI Kera Sakti.

DOWNLOAD LOGO PENCAK SILAT IKSPI KERA SAKTI
Terima kasih telah berkunjung di blog kami www.logoawal.blogspot.com. Bagi anda yang ingin mendownload Logo Pencak Silat IKSPI Kera Sakti dengan format JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) atau format PNG (Portable Network Graphics) tanpa background dengan tingkat resolusi tinggi atau anda ingin mendownload logo ini pada format vector CDR (CorelDraw) yang bisa diedit kembali guna keperluan pribadi, untuk usaha desain, untuk usaha cetak dan yang lainnya, langsung saja anda klik link download yang telah kami sediakan di bagian paling bawah artikel. 

Apabila anda mengalami kendala pada link download, seperti link mati, atau ketidak sesuaian link, atau permasalahan yang lainnya, silahkan sampaikan permasalahan tersebut di kolom komentar agar kendala tersebut bisa segera kami perbaiki. Kami akan selalu Update logo dan desain terbaru lainnya, mohon dukungan anda semua dengan share ke rekan-rekan yang lain supaya mereka dapat mendownload dan memanfaatkan file-file berformat jpg, png dan cdr vector ini untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi.
 
download-logo-vector-pencak-silat-ikspi-kera-sakti-format-cdr-coreldraw-logoawal

LINK DOWNLOAD

>>   LOGO PENCAK SILAT IKSPI KERA SAKTI   <<

Format JPG   |   Format PNG   |   Format CorelDraw

0 Response to "LOGO PENCAK SILAT IKATAN KELUARGA SILAT PUTRA INDONESIA (IKSPI) KERA SAKTI"

Posting Komentar